Selain Menjadi Kota Paling Layak Huni, Solo Juga Memiliki Kuliner Asyik Untuk Dinikmati

0
15

Apakah Sobat Wee berencana mengunjungi kota Solo? Ataukah tiba-tiba diminta sama big boss tugas ke Solo? Yup. Congratulation. Kalian beruntung karena diberi kesempatan mengunjungi the most livable city di Indonesia menurut survei yang dilakukan oleh Kementrian Agraria.

Kota Solo adalah kota yang nyaman untuk dihuni. Diantara kota-kota besar yang ada di Indonesia, jarang sekali Sobat Wee menemukan kemacetan dikota ini. Tingkat polusi udaranya pun juga tidak terlalu tinggi. Tempat-tempat yang dikunjungi untuk sekedar melepas lelah pun tidak kalah beragamnya. Salah satunya adalah tempat makan. Banyak makanan khas Solo yang harus dikunjungi oleh kalian yang singgah ke Solo.

Apa saja makanannya? Simak ulasan berikut ini ya.

  1. Serabi Notosuman

Serabi notosuman adalah semacam jajanan pasar yang adonanya seperti pancake yang terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam, daun pandan, dan bumbu lainya. Rasanya gurih dan manis, khas selera masyarakat Jawa. Serabi masa kini biasanya sudah di mix dengan isi  berbagai rasa. Ada yang rasa nangka, coklat, keju, strawberry, dan yang lainya.  Harga satu bijinya biasanya dibandrol sebesar Rp. 2000.

  1. Bestik

Bestik atau bistik adalah salah satu makanan yang wajib dicoba jika Sobat Wee berkunjung ke Solo. Bestik adalah semacam sayur berkuah yang isinya biasanya adalah daging (bisa ayam, sapi) atau telur, sayur-sayuran, dan kuah yang rasanya seperti manis, gurih, pedas serta kaya akan rasa rempah. Bestik yang terkenal di Solo adalah Bestik Pak Darmo yang lokasinya ada dibeberapa lokasi di Solo. Yakni diantaranya adalah di Jl. Dr. Radjiman dan Jl. Honggowongso. Harga Bestik di tempat Pak Darmo ini lumayan miring jika dibanding dengan warung bestik lainya. Satu porsinya dibandrol sekitaran harga Rp. 20.000 – Rp. 30.000.a

  1. Nasi Liwet

Menikmati pagi kota Solo paling enak sarapan dengan nasi liwet. Di pinggir jalan di kota Solo, setiap paginya, Sobat Wee akan banyak menemukan penjual yang menjual nasi liwet. Biasanya mereka hanya menggunakan kursi kecil dan satu meja untuk menjajarkan barang daganganya. Sedangkan biasanya pembeli hanya membeli dan kemudian dibawa pulang. Namun ada juga beberapa tempat yang menyediakan tempat untuk menikmati nasi liwet disana.

Nasi liwet adalah perpaduan antara nasi gurih (nasi yang dimasak dengan santan), sayur sambal goreng jipan, santal kental (kempul), areh kempul (perpaduan telur kuning dan telur putih) dan lauk yang bisa dipilih sendiri (telur atau ayam). Nasi liwet yang ada di pinggir jalan biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 – Rp. 12.000. Ada warung nasi liwet yang terkenal di Solo yakni Nasi Liwet Wongso Lemu yang berlokasi di Keprabon, Jl. Teuku Umar (Dekat Keraton Mangkunegaran). Harga nasi liwet di warung ini berkisar antara Rp. 6.000 – Rp. 20.000.

  1. Timlo

Namanya seperti pelawak ya Sobat Wee? Hehe. Kalau Sobat Wee suka dengan makanan sejenis soup, maka Timlo menjadi makanan wajib yang mesti dicicipi. Timlo adalah makanan berkuah bening (ya, seperti soup) yang isinya ada telur yang dimasak kecap, daging ayam atau sapi, sayur wortel, mie soun, potongan sosis Solo, dan jamur kuping. Makanya biasa menggunakan sambal kecap bagi yang suka pedas. Timlo banyak ditemui di warung-warung makan di Solo. Harga yang dipatok untuk satu mangkok timlo biasanya sekitar Rp. 8.000 – Rp. 10.000.

  1. Selat Solo

Selat adalah makanan berkuah hitam (sedikit coklat) yang rasanya khas bingit (ada rasa pedas merica, gurih, manis, rempah-rempah). Isinya ada macam-macam yakni ada aneka sayur yang direbus dan diiris panjang-panjang (sayur wortel, buncis, dan kentang), mirip seperti yang ada di steak, ada daging sapi yang dilembutkan dan dibuat bulat-bulat, ada galantin,  dan ditaburi dengan kentang goreng diatasnya. Warung makan selat yang enak dan murah di Solo adalah di Warung Makan Selat Viens yang ada di Jl. Hasanudin No. 99, Banjarsari, Surakarta. Selain Selat Viens, ada juga warung Tenda Biru yang ada di Jl. KH Samanhudi No 1.  Harga di kedua tempat ini lumayan murah dan tempatnya luas. Namun banyak sekali pengunjung disana dan harus sabar dengan pengunjung yang lumayan banyak. Itu pertanda warungnya oke kan Sobat Wee?

  1. Sambal Tumpang

Ini makanan khas sekali di kota ini. Jarang bisa kita temui di kota kota lain. Sambal tumpang biasanya terdiri dari nasi, sayuran rebus (biasanya bayam, kecambah, kacang panjang), dan disiram dengan kuah lethok (kuah yang terdiri dari santan, dicampur tempe yang dihalusin, ada tahu, ada telur, dan ada rambak kreceknya). Rasanya pedas dan gurih. Sambal tumpang yang terkenal di Solo adalah ditempatnya Bu Kis. Letaknya tepat di belakang Hotel Dana dan Kantor Pengadilan Solo. Harga Sambal Tumpang ini berkisar antara Rp. 7.000 sampai dengan Rp. 12.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.