Men are from Mars, Women are from Venus

0
75

Memahami serta memaknai sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah. Mengerti saja tidaklah cukup untuk dapat membina sebuah hubungan dari dua buah kepala yang berbeda dengan latar belakang yang berbeda. Terdapat banyak sekali kesalahpahaman yang terjadi akibat perbedaan pandangan dan cara menyikapi dari sebuah sinyal atau pesan yang disampaikan antara pria dan wanita.

John Gray mengungkapkan prinsip-prinsip utama dalam membina hubungan yang sehat dan penuh kasih sayang. Berdasarkan dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang pria dan wanita. Dengan memahami pola dan gaya komunikasi yang baik serta masing- masing kebutuhan dari lawan jenis. Maka hubungan yang sehat dan penuh kasih bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Bagi wanita mungkin akan sangat berguna dalam memahami maksud dari teka teki pria yang terasa seperti puzzle tanpa petunjuk, dan bagi kaum pria juga dapat membantu memahami cara berpikir dan isi hati wanita yang kerap gemar bermain tebak-tebak berhadiah.

Sobat wee yang sedang butuh petunjuk dalam membina hubungan yang sehat dan penuh kasih dapat mencoba membaca buku karangannya John Gray,Ph.d yang udah selama 20 tahun ini melakukan seminar-seminar dan terapi untuk pasangan suami-istri. Lengkap dengan ilustrasi menarik dengan kalimat-kalimat yang tepat sasaran akan mengajak sob wee untuk terus membaca sampai dengan bergumam, ” yep that’s right!, yeah, this how exactly! “. Nah berikut ini kami mau memberikan sedikit teaser buat sob wee yang barangkali setelah ini semakin tertarik untuk membaca buku Men are from Mars, Women are from Venus…

1. Pria dari Mars, Wanita dari Venus 

https://www.pexels.com

Merupakan bab pertama dari buku ini yang membahas bahwasanya pria dan wanita adalah dua mahkluk dari dua planet yang berbeda yang dibesarkan dan tumbuh dengan cara yang berbeda yang mana nantinya juga akan mempengaruhi bagaimana cara mereka berkomunikasi dan bertingkah laku.

Apabila pria dan wanita sanggup menghargai dan menerima perbedaan-perbedaan mereka,cinta mempunyai peluang untuk berkembang.” hal 10,bab 1

Dengan mengingat perbedaan-perbedaan kita serta menyikapinya dengan bijaksana maka suatu hubungan yang bermakna dapat tercipta, karena niat baik saja tidaklah cukup.

2. Pemberes Masalah dan Panitia Perbaikan Rumah 
https://www.pexels.com

Menawarkan nasihat yang tidak diminta kepada pria berarti menganggap ia tidak tahu apa yang harus dilakukan,sementara wanita secara naluriah senang membagi perasaan-perasaannya, memberi dukungan,menolong serta melayani. Berbicara dan berhubungan satu dengan satu dengan yang lain merupakan sumber rasa puas yang luar biasa bagi kaum wanita.

Arti diri seorang wanita ditentukan melalui perasaan-perasaannya dan mutu hubungan-hubungannya.” hal 16, bab 2

kaum wanita lebih berorientasi pada hubungan sedangkan kaum pria lebih fokus pada sasaran, dengan mempraktikan kemampuan mendengarkan kapan saja serta memahami apa yang dialami dengan rasa hormat setiap kejadian yang menimpa wanita maka pria akan mampu mendorong wanita untuk secara tidak langsung lebih menghargai anda.

3. Kaum pria masuk gua,kaum wanita berbicara 
https://www.pexels.com

Pria dan wanita datang dari planet yang berbeda, dan salah satu perbedaan terbesarnya adalah  cara mereka menghadapi stres. Pria akan memusatkan perhatian dan menarik diri untuk memecahkan persoalannya sementara wanita akan merasa lebih baik jika membicarakan persoalan-persoalannya.

Seperti halnya pria merasa puas jika berhasil menguraikan detail-detail rumit untuk menyelesaikan suatu persoalan,wanita pun merasa puas setelah membicarakan detail-detail kesulitannya.” hal 52,bab 3

Saatnya untuk memahami ketika orang mars (pria)  masuk kedalam gua nya maka orang venus (wanita)  tidak menganggap hal tersebut sebagai serangan pribadi. Dengan mengetahui konsep ini maka pria akan merasa dicintai dan wanita juga tidak akan merasa terabaikan.

4. Bagaimana memotivasi lawan jenis 
https://www.pexels.com

Wanita akan menjadi termotivasi dan bersemangat apabila mereka merasa dicintai sementara pria akan termotivasi dan bersemangat apabila mereka merasa dibutuhkan. Gagal dalam memahami perbedaan kebutuhan ini yang kadang menimbulkan konflik antara pria dan wanita.

Tidak dibutuhkan berarti kematian perlahan-lahan bagi pria.” hal 65,bab 4

Dalam hubungan pria dan wanita diharapkan mampu mengungkapkan keinginan terhadapan kebutuhan-kebutuhanya agar dapat saling memberikan dukungan bagi pasangan masing-masing. Pada bab ini akan dipaparkan daftar kebutuhan emosional antara pria dan wanita.

 

To be continue….

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.