Hallo para travellers sejati, pernah mengalami kebingungan ketika sudah mendatangi suatu tempat?. Tempat yang sekiranya menarik untuk dikunjungi dan kendaraan apa yang digunakan ketika disana?. Hmm, kira-kira untuk menuju kesana menghabiskan waktu berapa lama dan biaya berapa ya?. (Baca juga : Tips Agar Travelling Kamu “Low Budget”).  Hal itu semua bisa diatasi ketika kamu memegang 5 hal yang harus dikuasai ketika travelling ke suatu tempat. Berikut ini Tim Wefiee akan memberikan tips jitu merencanakan travelling yang terakurat waktu dan budget :

1.Pilihlah kapan waktu kamu akan melakukan travelling (peak seasion atau low seasion)

merencanakan travellingYang dimaksudkan disini adalah pastikan hari yang akan kamu gunakan untuk travelling itu termasuk hari aktif atau libur. Karena hal ini berpengaruh untuk beberapa hal diantaranya : harga tiket, harga tiket wisata atau bahkan wisata yang dikunjungi bisa jadi tidak buka ketika hari libur. Hal ini perlu dipastikan dengan mencari tau kebiasaan tempat yang akan kamu kunjungi. Keuntungan ketika kamu melakukan travelling saat peak season biasanya banyak festival wisata yang bisa dinikmati. Sedangkan ketika low season kamu bisa mendapatkan harga tiket transportasi dan penginapan dengan harga standar atau lebih murah.

2. Cari objek wisata yang pengen kamu kunjungi baik yang mainstream maupun anti mainstream

Pastikan kamu sudah mempunyai spot-spot menarik yang akan kamu kunjungi. Spot menarik itu diantaranya spot mainstream yang menjadi icon suatu wilayah atau wisata antimainstream dan unik yang masih jarang dikunjungi. Salah satu contohnya jika kamu berkunjung ke Malaysia, wisata yang wajib dikunjungi yang menjadi icon negara ini yaitu Menara Kembar Petronas. Sedangkan untuk daerah yang cukup menarik untuk dikunjungi diantaranya Kota Kinabalu, Melaka dan Penang.

3.Kumpulkan informasi transportasi yang biasa digunakan di objek wisata yang akan dikunjungi

Ketika ingin meng-explore suatu negara, hal yang terpenting harus diketahui sebelum berangkat adalah jenis kendaraan yang biasa digunakan disana. Untuk di wisata yang sudah tersedia banyak transportasi umum, tidak masalah ketika kita minim informasi. Tetapi kamu tetap harus mengetahui rute transportasi tersebut apakah menyedikan rute ke area wisata yang akan dituju. Selain itu kamu juga harus mengumpulkan jenis transportasi yang digunakan apakah itu bis atau kereta. Nah, lain halnya ketika di wisata tersebut tidak terdapat kendaraan umum. Hal ini bisa diatasi dengan mencari info tempat sewa kendaraan beserta harganya. Sehingga di hari H kamu ga buang waktu karena kebingungan kan Sob :).

4. Perkirakan waktu perjalanan kamu termasuk lama dikendaraan dan berapa lama kamu di tempat wisata

Setelah kamu berhasil merencanakan daerah wisata yang ingin dikunjungi dan kendaraan yang akan digunakan, selanjutnya yaitu estimasi waktu. Perkiraan waktu ini termasuk kapan mulai aktivitas hingga selesai aktivitas. Ya bagi yang ga mau terlalu detil hal ini bisa diabaikan. Tetapi harus kamu sadari estimasi waktu ini sangat membantu. Kamu bisa tau berapa waktu yang dihabiskan hanya untuk di kendaraan dan perkiraan waktu berapa lama untuk meng-explore satu spot wisata. Cara mengestimasi waktu bisa dengan mencari info perjalanan di blog-blog travellers atau dengan google maps dong Sob :).

5.Berapa duit nih yang kudu kamu siapin?

https://www.pexels.comSekecil-kecilnya pengeluaran saat berwisata, pasti ngeluarin duit donk. Tapi bisa diestimasi biar kita ga kalap saat di tempat wisata. Pos-pos pengeluaran saat travelling pada umumnya si untuk tiket pesawat, penginapan, konsumsi, biaya transportasi ketika disana dan biasany sih oleh-oleh. Nah hal tersebut sebaiknya di estimasi dengan baik untuk menghindari kekurangan uang ketika bepergian. Karena merencanakan travelling kalau hanya waktu dan tempat ga bakalan akurat tanpa memperhitungkan budget yang akan kita keluarkan.

Dari 5 ulasan diatas semoga bisa menjadi panduan kamu untuk merencanakan travelling yang terakurat waktu dan budget ya. Dan 5 poin diatas ada baiknya kamu tuangkan menjadi sebuah itinerary yang real. Sehingga ketika saat bepergian kamu sudah mempunyai panduan yang lengkap. Semoga travelling kamu menyenangkan ya Sob 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.