Pengen jalan-jalan keluar negeri yang murah dan hemat?. Yup, rekomendasi dari Tim Wefiee, coba lakukan perjalanan ke negeri tetangga yaitu Malaysia. Kenapa Malaysia? Karena tidak ribet dengan visa, banyak maskapai dengan tiket murah, dan bahasanya mudah untuk dimengerti. Berikut Tim Wefiee akan mengulas nih tips travelling murah ke Malaysia :

1.Pilih Penerbangan
Berburu tiket murah adalah kunci utama dalam travelling yang murah sob via unsplash

Kunci dari travelling murah ke Malaysia yaitu pencarian tiket murah. Pilihlah maskapai yang biasa memberikan tiket promo seperti airasia dan malindo air. Tiket promo biasanya diberikan pada moment tertentu (ulang tahun maskapai atau “special day”). Pengalaman Tim Wefiee, ketika berburu tiket murah dilakukan H-1 tahun atau H-3 bulan dengan asal penerbangan di beberapa kota besar di Indonesia (Jakarta, Denpasar, Surabaya, Pontianak dan lainnya). Tiket promo juga bisa didapat dengan mendownlod setiap aplikasi yang memberikan promo. Selain itu untuk maskapai tertentu, jika ingin berhemat kamu membeli tiket tanpa bagasi. Tipe backpacker dong sob, pergi cukup dengan satu tas penuh dengan perlengkapan yang simpel.

2. Penginapan Murah
Cari hotel/hostel/homestay yang sedang promo via unsplash

Jika Sobat Wee tipe yang bisa berbagi kamar, bisa mencoba untuk menginap di hotel backpacker. Kalaupun ingin lebih privasi berikut rekomendasi hotel dan lokasi yang bisa diberikan Tim Wefiee (Hotel Murah di Malaysia). Opsi lainnya jika kamu berpergian dengan rombongan, Sobat Wee bisa menyewa apartement atau Homestay sehingga harganya akan lebih murah untuk sharing cost. Promo tiket hotel, lebih baik dicek setiap hari rabu-kamis di aplikasi dan biasa diberikan promo sekitar 10-30%.

3. Itinerary Detail
Susunlah itinerary yang detail dengan estimasi waktu dan budget via unsplash

Itinerary ialah kunci terpenting dalam suatu perjalanan karena disinilah kita bisa tau tujuan, waktu dan budget yang akan kita keluarkan untuk suatu perjalanan. Itinerary Malaysia yang bisa Sobat Wee kunjungi diantaranya Kuala Lumpur sebagai pusat negara, Pulau Penang yang identik dengan wisata street art-nya, Malaka salah satu wisata kota Tua di Malaysia, Langkawi yang terkenal dengan wisata pantainya, Kuching dengan tempat belanjanya, Kota Kinabalu dengan wisata Pegunungannya dan masih banyak lainnya.

4. Transport Murah
Travelling Murah Ke Malaysia
Go KL fasilitas free bus yang ada di Kuala Lumpur

Kalau kamu berkunjung ke Malaysia ke negara bagian Kuala Lumpur, agar lebih hemat kamu bisa menggunakan fasilitas free bus yaitu Go KL. Rute yang disediakan oleh Go KL juga sudah mengakomodir para wisatawan untuk mendatangi spot-spot umum tujuan wisata. Selain itu opsi lainnya kamu bisa menggunakan kereta (LRT/MRT/RapidKL/Monorel) dengan biaya yang terjangkau (1-5RM) sesuai dengan tujuan. Beda halnya ketika kamu mengunjungi Pulau Penang dan Malaka, Sobat Wee bisa menyewa sepeda dengan harga 8-12RM untuk berkeliling di pusat kotanya. Tentunya 2 opsi diatas bisa buat travelling murah ke Malaysia dong Sob. Dan opsi lainnya, kamu bisa menggunakan taxi online yang sudah menjamur di Malaysia seperti uber dan grab.

5. Perbekalan Uang
Cadangan uang, jangan lupa bawa atm yang bisa digunain di negara tetangga ya via pxhere

Mata uang yang digunakan yaitu Ringgit Malaysia (RM) dengan nilai tukar dengan rupiah 1RM setara dengan Rp 3.000 – Rp 3.500 (tergantung kurs mata uang). Kamu bisa menukar di money changer yang ada di Indonesia atau di Malaysia. Untuk jaga-jaga, sangat disarankan Sobat Wee untuk membawa uang rupiah lebih dan membawa ATM dengan logo mastercard atau VISA yang bisa digunakan di Malaysia. Hal ini dilakukan untuk antisipasi aja sih, siapa tau ada yang “kalap” pas belanja disana :).

6. SimCard
Smartphone harus on dengan berbekalkan simcard via pxhere

Travelling zaman now, pastinya sangat terbantu dengan adanya sumber informasi dari maps dan google tentunya. Sehingga kebutuhan untuk paket data sudah menjadi suatu yang primer. Kamu tentunya bisa memanfaatkan fasilitas wifi saat di hotel atau fasilitas umum. Tetapi ketika berada di jalan, kebutuhan akan simcard semakin primer ketika digunakan sebagai penunjuk jalan atau untuk memesan taksi online. Adapun provider yang biasa digunakan saat di Malaysia diantaranya Digi, Axiata, Maxis, U Mobile dan lainnya. Terkait mana yang lebih murah, ini disesuaikan dengan kebutuhan Sobat Wee masing-masing (berpergian untuk berapa lama dan quota yang dibutuhkan). Biar hemat, kamu bisa patungan tuh sama temen buat beli simcard dengan cara tethering wifi dong :).

Bagi kamu para petualang yang ingin mencoba untuk pertama kalinya keluar negeri,  paparan diatas merupakan 6 poin penting untuk menjadi perbekalan Sobat Wee ketika melancong ke Malaysia. Pengeluaran yang terpenting yaitu tiket pesawat, penginapan, transport, makan, dan simcard. Semua biaya bisa ditekan dengan tips diatas dan tentunya semua kembali ke style kamu ya Sob. Semoga ulasan tips travelling murah ke Malaysia bermanfaat buat kamu ya Sob, dan selamat ber-travelling ria 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.