“Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang mendatangkan uang ”, begitulah kutipan dari Walikota Bandung Kang Emil yang sangat sering bercuap di media sosial. Sebagian besar orang yang mempunyai hobi, rela merogoh kocek sedalam-dalamnya untuk memenuhi hobinya. Ga ada salahnya sih kalau itu dapat memuaskan keinginan kamu tapi dengan syarat kebutuhan pokok kamu ga terlewatkan Sob. Nah dari pada hobi yang kita punya hanya berada di zona pengeluaran aja, alangkah baiknya hobi yang kita punya bisa menjadi pemasukan. Sekarang ini banyak lo hobi yang bisa kita jadikan bisnis hanya bermodalkan media sosial. Apalagi media sosial sangat viral dikehidupan sekarang ini, seperti emak-emak curhat di medsos aja bisa jadi viralkan Sob. Kenapa enggak, hobi kamu bisa menjadi manfaat bagi kamu maupun orang lain. Nah berikut ini, Wefiee bakalan bahas ni hobi yang  mendatangkan uang buat kamu :

Hobi Belanja – Online Shope
hobi yang mendatangkan uang
Shoping via Unsplash

Ini kaum hawa banget ni, hobi belanja sampai bisa seharian di mall mantengin barang branded yang lagi diskonan. Atau ga, mantengin HP berjam-jam buat belanja online dengan berbagai rayuan diskon. Hobi belanja ini bisa kamu manfaatkan menjadi hobi yang menghasilkan uang. Terutama bagi kamu yang hidup di kota-kota besar bisa menawarkan jasa titip barang branded yang lagi diskon. Cukup bermodalkan media sosial seperti instagram, kamu bisa menawarkan jasa titip ini kepada mereka-mereka yang juga hobi belanja tetapi tidak bisa menjangkaunya. Fee yang biasa didapat dari jastip ini beragam diantara 15ribu-40ribu tergantung jenis barang dan harga barang. Nah, bagi yang bisa fokus kamu bisa sekalian buka Online Shope Sob. Bisa jual barang yang memang kamu suka dan sekarang juga barang branded yang abis kamu pakai bisa dijual alias preloved. Tinggal gimana kamu fokus buat ngiklan dan nyari objek pasarnya. Sungguh hobi yang mendatangkan uang bukan Sob?.

Hobi Jalan-Jalan – Vlogger & Blogger
hobi yang mendatangkan uang
vlogger & blogger via unsplash

Hai para traveller, jangan sampai hobi jalan-jalan kamu cuma jadi ajang narsis di medsos aja (hihi jangan curhat). Sekarang dengan adanya Youtube atau Blog memudahkan kamu untuk mengekspos aktivitas perjalanan yang kamu lakuin. Dan itu bisa jadi referensi berjuta-juta orang yang pengen melakukan aktivitas yang sama. Nama-nama seperti Marischa Prudence, Barry Kusuma, Arief Muhammad, Jebraw dan Naya bahkan sekeluarga Gen Halilintar merupakan nama-nama yang menjadi incaran bagi traveller untuk dijadikan rujukan. Jangan tanya berapa sudah menjadi follower akun medsos mereka dan apa saja yang mereka dapatkan untuk menjadi sponsor. Pastinya ini adalah hobi yang sangat menyenangkan karena dibalik kesenangan itu kamu juga bekerja menghasilkan pundi-pundi uang.

Hobi Dandan – Tutorial Make Up & Jasa Rias
make up by unsplash

Hobi dandan atau make up sangat menjanjikan lo untuk saat ini maupun kedepannya. Karena sebagian besar kaum wanita yang ingin terlihat cantik di hari-hari besarnya seperti wisuda, tunangan maupun pernikahan, tidak akan melewatkan urusan make up satu ini. Sebut saja MUA (Make Up Artist) sudah menjadi hits dibeberapa kota dan menjadi incaran kaum hawa. Berawal dari hobi dandan, kamu bisa memulai dengan ikut kelas tutorial make up. Selanjutnya kamu bisa mulai marketing dengan membuat channel youtube khusus tutorial make up. Pemasarannya pun cukup dengan online saja Sob, dengan akun Instagram itulah menjadi para pengincar jasa make up untuk mendapatkan informasi jasa tersebut. Mungkin nantinya nama tata riasnya akan berubah, tetapi kebutuhan pasar terhadap jasa rias ini akan selalu ada.

Hobi Masak – Jual kue & Catering
Baker via Unsplash

Makanan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, dengan kreasi dan sedikit modifikasi nilai jual makanan tersebut bisa semakin naik lo Sob. Jika kamu suka berkreasi dengan mencoba-coba resep masakan berat maupun kue, kamu bisa memulai bisnis di bidang kuliner ini. Seperti artis-artis di Indonesia sekarang yang sedang marak dengan bisnis kue di setiap daerahnya. Kamu bisa memulai dari hal-hal kecil, membuat blog resep atau akun youtube untuk makanan yang kamu buat. Kemudian mulai memasarkannya lewat akun sosial media kamu. Selain itu kamu juga bisa membuka usaha catering untuk makan siang atau pemesanan acara tertentu. Selain kamu bisa tetap memenuhi hobi masak kamu, ada uang tambahan juga kan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Fotografi – Toko Fotografi Online
photographer via unsplash

Punya segudang soft file foto dengan kualitas yang tinggi?, tetapi hanya tersimpan di dalam harddisk kamu?. Jika kamu ingin menjadi freelance di dunia fotografi, kamu bisa dengan mencoba membuka toko fotografi online. Cukup dengan membuat akun di situs-situs yang khusus menjembatani kamu untuk memasarkan foto kamu. Adapun situsnya seperti iStockPhoto 500px.com, Shutterstock.com ,PhotoStockPlus, Getty Images dan masih banyak lagi. Tapi dengan satu syarat, kamu kudu menyediakan foto yang juga berkualitas tentunya. Kalau hobi dan mendalami tentunya kamu paham dong, ilmu-ilmu fotografi dan kualitas dari suatu foto agar bernilai jual tinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi lo Sob hobi yang mendatangkan uang selain diatas. Tinggal bagaimana sikap kamu agar hobi yang dijalani menjadi nilai kebermanfaatan yang lebih. Kalaupun tidak berorientasi pada uang, tapi akan lebih baik hobi tersebut punya nilai kebermanfaatan yang lebih bagi orang lain. Dan bersyukurlah menjadi orang-orang yang terlahir dengan hobi yang bisa menjadi pekerjaannya. Karena kalau namanya hobi, pasti kamu akan mencintainya dan melakukannya dengan senang hati. Atau kamu bisa mengubah mindset kamu untuk menjadikan pekerjaan itu sebagai hobi baru kamu :).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.