Diet Sehat via Pexels
Diet selalu menjadi topik hangat perbincangan kaum perempuan. Berat badan yang berlebih menjadi pembicaraan dimana-mana. Sobat Wee, maklum saja, sebab perempuan tercipta suka dengan penampilan. Jika berat badan sudah diambang batas pemakluman, tak jarang kita akan melihat banyak perempuan yang menjerit histeris melihat timbangan berat badan. Bahkan, mereka pun akan menghindar jika disinggung masalah berat badan.
Nah, saking tidak kuatnya menompang berat badan dan pertanyaan dari kawan-kawan (Yah kalau suami mah kebanyakan bakal nrima kekurangan dan kelebihan sang sitri bukan?), kaum perempuan kemudian mendeklarasikan kepada dirinya pribadi untuk melakukan diet alami. Namun, tak jarang diet itu hanya menjadi wacana dan menggakibatkan niat diet gagal total.
Sobat Wee, untuk kalian yang sedang berencana akan diet, bacalah prinsip diet berikut ini. Dijamin dietmu akan berhasil dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Hehe.
  1. Tidak akan hancur lemak tanpa bergerak
Olahraga via Pexels
Sobat Wee, salah satu cara agar lemak yang sudah terlanjur nempel di daging itu kebakar ya dengan bergerak. Apalagi kalau tipe lemakmu adalah tipe lemak yang susah hancurnya. Bergerak yang paling memberikan efek signifikan adalah olahraga. Mustahil jika kalian makan enak dan kurang bergerak namun memimpikan lemakmu hancur kan? Nah, makanya prinsip diet yang utama adalah olahraga. Bakar lemak berlebih yang ada di tubuhmu dengan gerakan-gerakan yang cepat membakar kalori. Kamu bisa  jogging, senam, berenang, atau banyakin aktifitas fisik.
  1. Minyak hanya akan membuat lemak menumpuk banyak
Fat via Pexels
Kalian suka makan gorengan? Wah itu bakal jadi tantangan yang lumayan berat untuk pejuang diet ketat. Sebab kenapa Sobat Wee? Ya, karena satu biji gorengan bakwan saja bisa berkadar 115 – 250 Kalori. Bayangkan kalau kalian makan soto dan menghabiskan gorengan sebanyak 3 biji? Nah, berapa kalori saja yang numpuk di tubuhmu. So, prinsip berikutnya adalah kurangi makan gorengan yak. Kalau sudah bisa mengurangi, nanti levelnya makin lama ditingkatin jadi tidak sama sekali mengkonsumsi gorengan. Be healthy, be slim.
  1. Minumlah air putih sebanyak kamu bisa
Air putih via Pexels
Fungsi air putih adalah untuk membantu proses metabolisme tubuh. Semakin banyak kamu minum air putih, maka semakin cepat pula proses pembakaran lemak yang ada di tubuhmu. Apalagi kalau lagi mau olahraga atau kerja berat, minum air putih banyak bisa membuat keringatmu deras bercucuran. Otomatis lemak yang terbakar semakin banyak kan?
  1. Jadikanlah buah sebagai teman camilan dimanapun kamu berada
Camilan Buah via Pexels
Kebanyakan orang gemuk adalah mereka yang suka ngemil. Padahal ngemil itu adalah kontributor lemak lumayan banyak. Nah, makanya gantilah camilanmu dengan camilan buah.  Kalau biasanya di dalam tasmu ada wafer atau coklat untuk cadangan perut lapar, sekarang gantilah isi tasmu dengan satu toples buah-buahan yang siap makan. Kamu bisa mengisinya dengan melon, nanas, apel, pisang, atau semangka yang sudah diiris-iris. Kamu juga bisa membawa buah yang lainya yang sudah kamu cuci dan siap disantap. Atau kamu juga bisa membuat salad buah agar lebih berselera untuk memakanya. Selain sehat, buah juga membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulitmu kan?
  1. Perhatikan waktu-waktu haram untuk makan
Waktu Makan via Pexels
Ada beberapa waktu terlarang makan bagi para pejuang diet. Hal ini berkaitan dengan jam biologis sistem pencernaan perut kita Sobat Wee. Kalau malam, usus kita sudah tidak berkuasa untuk mencerna makanan. Makanya, yang diet kalau bisa jam 7 malam harus stop makanya. Setelah jam 7 malam hanya makan buah dan minum air putih saja. Kemudian, jangan makan langsung mandi. Sebab apa? Karena kalau Sobat Wee habis makan langsung mandi, maka makanan yang sudah dimakan akan lambat untuk dicerna. Baiknya makanya setelah mandi atau dua jam sebelum mandi. Lalu, jangan makan langsung tidur. Ini bomerang banget sebab makananmu bakal sangat lambat untuk dicerna.
  1. Carilah support dari teman di sekitar kalian
Support via Pexels
Tantangan orang diet adalah ajakan makan sama teman-teman. Iya ga Sobat Wee? Untuk itulah kamu perlu membuat deklarasi kepada teman-temanmu bahwa kamu is on diet. Jadi, mintalah empati pada mereka dan sekaligus support dari mereka akan niat muliamu ini Sob. Jadi mereka bisa mengingatkan kepadamu untuk tidak makan malam atau mengajakmu makan ke tempat makan yang menyediakan makanan penyumpang lemak jahat. Hehehe.
  1. Kuatkan niat
Niat via Pexels
Aksimu tergantung seberapa kuat niatmu. Niat yang kuat akan membawa kepada keajaiban-keajaiban langkahmu Sob. Termasuk akan diet ini. Kamu harus memaksa dirimu menumbuhkan niat kuat untuk diet ini. Tanpa niat kuat, dietmu bisa berguguran di tengah lapang dan tubuh ideal hanya akan menjadi wacana. So, let’s start a better life together!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.