Kota Batu Malang sekarang sudah menjadi destinasi wisata utama di Indonesia. Karena Kota Batu sangat kaya dengan potensi wisata alam maupun yang kekinian. Kalau Sobat Wee sudah mampir ke Kota Batu, ga ada salahnya sekalian mampir ke salah satu objek wisata yang eksotis lainnya yaitu Bromo dan Danau Ranu Kumbolo. Tim Wefiee akan berbagi itinerary 5 Nights 6 Days untuk menikmati wisata Kota Batu Malang dan Bromo. Yuk disimak ya!

1Day 1 : Pontianak – Surabaya – Probolinggo (Cemara Lawang)

Day 1. Itinerary Batu Malang & Bromo

Perjalanan pada umumnya dimulai di Kota Surabaya, kenapa? Kalau kalian berasal dari kota diluar jawa, pada umumnya penerbangan yang bisa dituju dan daerah yang dekat dengan Malang ya hanya Surabaya. Sebenarnya Malang memiliki Bandara tersendiri, tetapi penerbangan yang ada masih sedikit. Sedangkan kamu yang ada di Pulau Jawa bisa mengakses melalui jalur darat yaitu kereta api ekonomi.

Dari Surabaya ke Malang ada kereta api kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif dengan estimasi perjalanan 2 jam dan biaya berkisar antara Rp.35.000 – Rp. 60.000. Jika kamu berpergian dari Jakarta bisa juga menggunakan kereta dengan kurun waktu 16 jam dan biaya sekitar Rp.100.000 – Rp. 500.000. Kereta ekonomi dari Jakarta berasal dari Stasiun Senen yaitu Matarmaja dengan harga Rp. 109.000. Detail jadwal dan harga bisa di cek website resmi KAI.

Rekomendasi ketika sudah sampai di Malang, kalian bisa mencari travel yang menyediakan tour ke Bromo dengan kisaran harga 300/pax. Tetapi untuk perjalanan kali ini, Tim Wefiee menempuh melalui jalur Probolinggo (Cemara Lawang). Dari Bandara Surabaya perjalanan dilanjutkan ke Probolinggo dengan Bis. Dari Probolinggo Sobat Wee bisa melanjutkan perjalanan ke Cemara Lawang menggunakan Angkutan Umum khusus menuju Bromo yaitu Elf kapasitas 12-16 orang. Setelah itu Sobat Wee bisa mencari penginapan di Desa Ngadisari. Untuk kendaraan menuju Bromo, biasanya di penginapan sudah mempunyai link untuk penyewaan Jeep. Sehingga Sobat Wee ga perlu khawatir terkait Jeep, dengan biaya 300 – 500 Ribu Jeep kapasitas 4 – 6 orang bisa Sobat Wee dapatkan.

2Day 2 : Bromo – Ranu Pani – Ranu Kumbolo

Day 2. Itinerary Bromo & Ranu Kumbolo

Hari kedua perjalanan di Bromo dimulai dini hari, dikarenakan mengejar Sunrise di spot penanjakan 1. Jika peak seasion sebaiknya perjalanan dimulai lebih awal, untuk menghindari antrian kendaraan di dekat Penanjakan 1. Beberapa spot terbaik terdapat di Bromo diantaranya adalah Kawah Bromo, Pasir Berbisik, dan Bukit Teletubies. Setelah explore Bromo, Sobat Wee bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Ranu Pani yaitu titik awal pendaftaran pendakian. Dari Ranu Pani menuju Ranu Kumbolo menempuh perjalanan sekitar 3-6 jam. Jika Sobat Wee bisa tiba di Ranu Kumbolo sebelum maghrib, kamu bisa menikmati Sunset di Danau Ranu Kumbolo.

3Day 3 : Ranu Kumbolo – Malang

Day 3. Itinerary Bromo & Malang

Hari ketiga dimulai dengan menikmati salah satu spot terbaik untuk melihat Sunrise. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini ya Sob. Di Ranu Kumbolo ini kamu bisa menikmati spot indah lainnya seperti Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo dan ada juga Bunga Edelweise. Setengah hari dihabiskan untuk menikmati keindahan Ranu Kumbolo dan perjalanan dilanjutkan kembali menuju Kota Batu Malang. Itinerary wisata Kota Batu Malang dan Bromo dilanjutkan untuk explore Kota Batu.

4Day 4 : Paket Wisata Kota Malang dan Kota Batu

Day 4. Wisata Kota Malang & Kota Batu

Sebelum menceritakan itinerary hari keempat ini, Tim Wefiee ingin memberikan tips hemat wisata Batu Malang. Yaitu untuk penginapan, di Kota Batu ini sangat banyak disediakan Homestay dengan harga terjangkau berkisar Rp.300.000 – Rp. 500.000 per malam. Jika kamu berpergian dengan rombongan, lebih hemat menyewa Homestay biasa dengan 2 atau 3 kamar. Lokasi Homestay pun carilah di dekat tempat wisata seperti Jatim Park, BNS maupun Museum Angkut. Selain itu untuk transportasi, Sobat Wee bisa menyewa sepeda motor dengan harga 75 ribu per hari.

Hari pertama di Kota Batu Malang ini Sobat Wee bisa memulai dari yang ringan-ringan dulu, seperti mengunjungi Alun-alun Kota Malang, Museum Brawijaya, atau wisata kuliner di Kota Malang. Rekomendasi terbaik untuk wisata kuliner yang terkenal di Malang yaitu Bakso. Bakso bakar Pak Man salah satunya, bakso bakar terbaik yang ada di Malang. Atau kamu juga bisa menikmati Bakso Presiden di dekat Rel Kereta Api. Setelah ke Malang, Sobat Wee bisa menikmati wisata alam di Kota Batu diantaranya Oemah Kayu (tempat paralayang), Coban Rais, Coban Rondo, atau Coban Talun dengan penginapan unik seperti Pagupon dan Apache Camp.

5Day 5 : Explore Jatim Park, Museum Angkut dan BNS

Day 5. Itinerary Wisata Kota Batu

Hari kelima ini kamu bisa habiskan seharian untuk menikmati spot hiburan seperti Jatim Park 2. Di Jatim Park 2 ini kamu bisa menikmati Eco Green Park, Batu Secret Zoo dan Museum Bagong. Setelah itu dilanjutkan dengan Museum Angkut, saran dari Tim Wefiee ketika mengunjungi Museum Angkut sebaiknya di waktu sore menuju malam. Karena pemandangannya lebih indah ketika malam hari dan bagi kamu yang suka hunting foto untuk instagram, Museum Angkut punya itu spot-spot yang eye catching. Di malam hari Sobat Wee bisa melanjutkan untuk bermain di BNS (Batu Night Spectacular) hingga jam 11 malam. Selain objek wisata diatas, Sobat Wee sekarang sudah bisa menikmati wahana yang baru di Dino Park atau Jatim Park 3 yang sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Museum Angkut

6Day 6 : It’s time to Go Home

Day 6. Perjalanan pulang selesai Explore Wisata Kota Batu Malang dan Bromo

Perjalanan explore Wisata Kota Batu Malang dan Bromo selesai, dan kini saatnya kita semua kembali ke rumah masing-masing.

Ga terasa ya Sob, waktu 6 hari terlewati dengan begitu cepat, dan ini saatnya kita cabut deh dari liburan wisata Kota Batu Malang ini. Perjalanan pulang pun sama dengan kamu berangkat, bisa via darat menggunakan kereta atau travel langsung ke Malang. Tergantung dari kepadatan rute kamu menuju rumah masing-masing ya Sob.

Dari ulasan itinerary Wisata Kota Batu Malang dan Bromo sekaligus Ranu Kumbolo semoga bisa bermanfaat buat kamu ya Sob. Dengan wisata ke sini, kita bakalan semakin bersyukur tinggal di Indonesia. Yang kaya sekali dengan potensi alamnya maupun objek wisata modernnya. Don’t forget to visit and explore our lovely country guys #WonderfulIndonesia. Semoga manfaat Sob.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.