Istanbul adalah kota terbesar di Turki yang menghubungkan antara Benua Asia dan Eropa. Kota ini menjadi kawasan strategis sebab dilintasi oleh Selat Bosphorus, Laut Marmara dan Laut Hitam. Kota ini seperti memiliki pesona bagi para pelancong dan bagi kaum muslim. Seperti ada magnet yang mengundang hati untuk menyaksikan bukti kejayaan Islam di masa lampau di bumi Al-Fatih ini.

Kota dengan ribuan masjid, dimana Sobat Wee dapat menemukan masjid-masjid dengan arsitektur indah khas Zaman Ottoman yang sudah berusia ribuan tahun lamanya. Tidak hanya masjidnya saja yang indah namun ditiap sudut kotanya juga menawarkan pemandangan-pemandangan yang menawan. Istanbul dan sejarah memang tidak dapat dipisahkan, keindahan serta keeksotisan yang tidak hanya memanjakan mata namun juga menggetarkan hati.

Salah satu Tim Wee beberapa waktu lalu diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan kesana. Nah, sekarang waktunya kami akan kupas sedikit tentang sedikit pesona Istanbul untuk Sobat Wee semua. Yuk simak ya!

1. Hagia Sophia atau Aya Sophia 

https://www.pexels.com

Siapa yang tak mengenal masjid indah bekas katedral Ortodoks yang sekarang berfungsi sebagai museum ini. Orang-orang Turki lebih familiar menyebutnya sebagai Aya Sophia. Bangunan ini merupakan katedral terbesar di dunia selama hampir seribu tahun. Kemudian dirubah menjadi masjid setelah kemenangan Muhammad al-Fatih dalam menaklukkan Konstantinopel. Tak heran bila di dalamnya terdapat ornamen lafadz Allah dan Nabi Muhammad SAW yang diapit lukisan Bunda Maria. Sungguh pemandangan yang sanggup mengetarkan hati ditambah dengan keindahan struktur bangunan khas abad 16, keindahan yang tak sanggup dilukiskan dengan kata-kata Sobat Wee.

2. Istana Topkapi 

Topkapi merupakan nama yang diambil dari meriam-meriam besar yang ada di depan gerbang istana. Istana ini sudah berusia lebih dari 600 tahun dan dahulu digunakan sebagai tempat tinggal Sultan Utsmaniyah. Saat ini difungsikan sebagai museum dan bagi umat muslim tentu menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat beberapa peninggalan penting disini, seperti tongkat Nabi Musa, pedang dan bekas telapak kaki nabi Muhammad SAW. Istana ini juga merupakan situs warisan dunia UNESCO lho Sob.

3. Masjid Sultan Ahmed atau Blue Mosque (Sultanahmet Camii) 

Berada di dekat Hagia sophia dan masih dalam satu kawasan wisata tertua di Istanbul, masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmed 1 dan telah berusia sekitar ribuan tahun. Masjid ini dikenal dengan Masjid Biru dikarenakan interiornya yang mendominasi adalah berwarna biru. Letaknya yang dekat dengan Laut Marmara, apalagi disaat sudah mulai senja menjadikan mesjid ini menjadi salah satu ikon di kota  Istanbul. Saat ini Blue Mosque menjadi masjid terbesar di Turki.

4. Selat Bosphorus 

Keindahan dua benua yang terpisahkan oleh selat Bosphorus ini dapat Sobat Wee nikmati dengan menaiki cruise (sejenis kapal). Banyak terdapat beberapa paket wisata yang menawarkan untuk  menyeberangi Selat Bosphorus ini dengan kapal. Selat ini juga menjadi saksi sejarah ketika penaklukan Konstantinopel ditangan kaum muslim. Disini, Sobat Wee bisa menikmati pemandangan bangunan dan ladmark yang bergaya Eropa Asia bahkan Mediterania. Ulala banget kan Sob!

5. Jalan Istiklal (Istiklal Caddesi) 

https://www.pexels.com

Dikenal juga dengan dengan Istiklal Avenue merupakan salah satu jalan yang hits di Turki. Kalau  di Jakarta, IIstiklal (tentu tulisanya beda ya, hehe) dikenal dengan nama masjid. Namun di Turki merupakan nama jalan dimana Sobat Wee dapat menikmati pedestarian street yang dikelilingi dengan bangunan era Utsmaniyah sekitar abad 19 yang bergaya klasik. Sobat Wee juga dapat mencoba naik trem listriknya yang terkenal. Di sepanjang jalan Istiklal juga terdapat banyak pertokoan yang menjual makanan, cafe, restoran, oleh-oleh dan juga pakaian. Selain itu,  Sobat Wee juga dapat menjumpai  Galata Tower yang merupakan menara pengawas kebakaran di Masa Pemerintahan Ottoman.

Mengelilingi Istanbul tidak cukup sehari rasany, begitu banyak spot-spot menarik yang dapat dikunjungi. Bahkan hanya sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan di keramaian di bumi al Fatih ini terasa begitu meyenangkan. Eksotisme yang berbaur dengan nilai sejarah yang kental pada kota ini dapat menjadikan kota ini sebagai salah satu bucket list yang menarik untuk dikunjungi. So, let’s have fun and let’s be smarter with doing travel!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.