Sobat Wee, kali ini Tim Wefiee ingin berbagi tentang salah satu objek wisata alam yang terkenal di Indonesia yaitu Bromo dan Ranu Kumbolo. Sudah banyak loh traveller lokal maupun asing yang sudah menginjakkan kaki disini. Kira-kira kalau Sobat Wee cuma punya waktu yang singkat, spot apa saja ya yang bisa dikunjungi?. Nah, berikut Tim Wefiee bakalan bahas tentang spot menarik di Bromo dan Ranu Kumbolo yang harus Sobat Wee Kunjungi :

Bromo

Perjalanan explore Bromo dimulai pada dini hari dengan menyewa Jeep yang muat antara 4-6 orang dengan biaya rata-rata 400 – 500 ribu.

Jeep biasanya menjemput di penginapan pada jam 3 dini hari agar bisa tiba di view Penanjakan 1. Biasanya jika peak season sebaiknya semakin awal perjalanan semakin baik agar jeep bisa mendapatkan parkiran yang lebih dekat dengan spot penanjakan. Bagi yang muslim jangan khawatir untuk Sholat Subuh tersedia pendopo dan mushola disana.

Penanjakan 1

View di penanjakan 1 ini kamu bisa menikmati proses sunrise dan menikmati pemandangan Gunung Bromo dan Kawah Bromo dari ketinggian. Di daerah penanjakan 1 ini terdapat banyak warung yang menjual makanan ringan seperti jagung bakar dan gorengan. Sehingga Sobat Wee ga usah khawatir untuk sarapan bisa dicari disini.

Pasir Berbisik

View yang tidak kalah menariknya yaitu pasir berbisik. Kayak nama film yang dibintangi Dian Sastro ya Sob. Dan memang ad hubungannya lo, alhasil Tim Wefiee mendapatkan info dari tour guide, nama pasir berbisik ini didapat dari film pasir berbisik yang syuting di tempat ini lo Sob.

Bukit Teletubies

Sebenarnya nama dari tempat ini adalah savana tapi nama kerennya bagi para pengunjung yaitu bukit teletubies dikarenakan mirip dengan bukit-bukit kecil di film teletubies. Bukit savana ini memiliki pemandangan bukit-bukit hijau yang membuat mata fresh. Selain itu didukung dengan udara yang fresh, sehingga kita bisa menikmatinya dengan lebih adem.

Ranu Kumbolo

Setelah setengah hari menikmati pemandangan di Bromo, Sobat Wee bisa melanjutkan perjalanan untuk melakukan pendakian ke Ranu Kumbolo. Perjalanan menuju Ranu Kumbolo bisa ditempuh sekitar 3-6 jam tergantung kecepatan jalan dan pengalaman pendaki. Untuk ke Ranu Kumbolo sendiri, pendaki harus menempuh 4 pos pendakian dengan medan dan jarak yang berbeda.

Titik perjalanan di mulai di Ranu Pani, tempat persiapan sebelum pendakian yaitu melakukan perizinan (sekarang perizinan sudah online).

Danau Ranu Kumbolo

Pemandangan Danau Ranu Kumbolo merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise dengan ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl. Selain itu di depan Danau Ranu Kumbolo inilah tempat pendaki untuk camping dan beristirahat. Jarak tempat camping sekitar 10-15 meter dari danau untuk menjaga kelestarian danau ini.

Bunga Edelweise

Pemandangan di sekitar danau diantaranya adanya tumbuhan yang khas di pegunungan yaitu Bunga Edelweise. Tentunya Sobat Wee tau dong kalau Edelweise dikenal juga dengan bunga keabadian dan biasa disebut dengan Everlasting Flower.

Tanjakan Cinta

Spot menarik berikutnya yaitu Penanjakan Cinta yaitu jalanan menuju bukit dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat. Dari Tanjakan Cinta ini kita bisa menikmati keindahan Danau Ranu Kumbolo dari ketinggian.

Oro-Oro Ombo

Bromo dan Ranu KumboloSetelah melewati Tanjakan Cinta, kita akan mendapati padang rumput yang sangat luas. Bagi yang ingin melanjutkan perjalanan menuju Puncak Mahameru, ini adalah jalur yang harus dilewati. Jika ingin mendapati pemandangan yang indah, disarankan kamu mengunjungi Oro-oro Ombo pada musim hujan. Dikarenakan pada musim hujan Oro-oro Ombo dipenuhi oleh Bunga Lavender berwarna ungu. Sedangkan pada musim kemarau Bunga Lavender menjadi kuning dikarenakan mengering.

Sobat Wee, bagi kamu yang punya waktu singkat, spot-spot diatas merupakan spot terbaik yang bisa kamu kunjungi di Bromo dan Ranu Kumbolo. Sedangkan bagi kamu yang ingin melanjutkan perjalanan ke Puncak Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl), sebaiknya menambah satu hari perjalanan lagi. Semoga manfaat ya Sobat Wee, bagi yang ingin melihat itinerary yang lebih detail bisa visit blog Tim Wefiee disini ya!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.