Menstruasi adalah siklus bulanan yang pasti dialamai oleh setiap perempuan. Terkadang, saat menstruasi banyak perempuan yang mempercayai mitos-mitos saat menstruasi yang belum tentu benar adanya. Hal-hal itu dilakukan hanya didasarkan dari petuah ataupun omongan dari mulut ke mulut yang menyebar sehingga benar-benar dipercaya.

Namun, pantangan ataupun anjuran yang terlanjur sering dilakukan itu bisa jadi hanyalah mitos belaka. Dari beberapa mitos yang sering dilakukan perempuan saat menstruasi, Weefie akan mengulas tentang 5 mitos yang sering dipercaya perempuan saat menstruasi. Apa saja itu?

1. Dilarang makan cokelat saat menstruasi

https://pxhere.com/

Saat menstruasi memang kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar kafein dan gula yang tinggi. Cokelat diketahui memang memiliki kandungan kafein alami yang berasal dari biji kakao yang merupakan bahan baku pembuatan cokelat. Namun, mengkonsumsi cokelat dapat memberikan manfaat saat sedang menstruasi. Kandungan magnesium yang ada pada cokelat akan mencukupi kebutuhan magnesium yang diperlukan perempuan saat sedang menstruasi. Selain itu, dengan mengkonsumsi cokelat dapat memicu produksi serotonin yang membuat suasana hati menjadi lebih lebih tenang dan bahagia. Walaupun cokelat adalah makanan yang dianjurkan saat menstruasi, Sobat Wee harus membatasi konsumsi cokelat dan jangan berlebihan.

2. Keramas dapat menghambat darah menstruasi

https://www.pexels.com/

Banyak orang mengatakan apabila keramas akan membuat darah menstruasi menjadi tidak lancar bahkan membeku. Faktanya adalah keramas dengan siklus menstruasi tidak ada hubungannya sama sekali. Malah saat menstruasi perempuan dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh, salah satunya dengan keramas. Jika menghindari keramas pada saat menstruasi justru akan menimbulkan ketidaknyamanan. Sobat Wee pasti bisa membayangkan apa yang terjadi jika tidak keramas selama masa menstruasi kan?

3. Minum soda dapat membantu memperlancar darah menstruasi

https://pxhere.com/

Faktanya adalah minum soda dengan menstruasi tidak saling berhubungan dan belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa dengan minum minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi. Minuman soda hanya memberikan efek menyegarkan pada seseorang. Namun konsumsi minuman soda yang berlebihan juga harus dihindari. Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda dapat memicu timbulnya penyakit lain seperti obesitas ataupun diabetes. Selain itu, konsumsi minuman soda yang berlebihan juga dapat memengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh dan akan berdampak pada siklus menstruasi.

4. Makanan pedas dan asam akan memperparah rasa nyeri perut ketika menstruasi

https://pixabay.com/

Banyak perempuan yang menghindari makanan pedas dan asam saat menstruasi karena kabarnya akan memperparah rasa nyeri perut yang biasa dialami saat menstruasi. Namun, faktanya makanan pedas dan asam tidak ada hubungannya dengan rasa nyeri perut ketika masa menstruasi. Nyeri perut memang biasa dialami oleh perempuan yang sedang dalam masa menstruasi akibat prostaglandin atau kelainan lain dalam rahim. Rasa nyeri normalnya terjadi pada hari ke-1 hingga ke-2 dan akan membaik pada hari ke-3. Makanan pedas dan asam boleh dikonsumsi saat menstruasi namun tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti maag ataupun iritasi usus.

5. Makan timun saat menstruasi dapat menyebabkan kanker ovarium dan kista

https://pixabay.com/

Konon katanya makan timun saat menstruasi dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker ovarium dan kista serta dapat menghambat keluarnya darah menstruasi. Hal itu terjadi karena konsumsi timun dapat membuat darah haid tertinggal di dalam rahim dan akan menjadi kanker. Namun, itu hanyalah mitos belaka. Faktanya timun sangat aman dikonsumsi pada saat menstruasi. Karena pada saat menstruasi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah, salah satunya timun. Darah menstruasi tidak akan tertinggal dalam rahim karena proses menstruasi akan sama setiap seiklusnya. Adapun yag mempengaruhi siklus menstruasi adalah keseimbangan hormon estrogen dan progesterone yang ada di dalam tubuh. Keseimbangan kedua hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikis dari orang itu sendiri dan tidak ada hubungannya dengan konsumsi timun.

Nah, itu dia 5 mitos yang masih bisa dipercayai banyak perempuan saat menstruasi. Jika Sobat Wee mengalami gangguan saat menstruasi, tidak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter, jangan hanya percaya pada mitos-mitos yang belum diketahui kebenarannya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.