Sobat wee, punya rencana liburan seminggu untuk merantau ke negeri seberang?. Pengen jalan-jalan kamu teratur tentunya. Tim Wefiee pernah nih, travelling ke Malaysia sebagai first traveller dan hanya berbekalkan itinerary yang detail, dan itu sangat ngebantu kamu loh sob. Berikut ulasan itinerary yang udah Wefiee buat untuk membuat perjalanan kamu lebih terarah dan tau arah jalan pulang dong. Itinerary Malaysia 5 Nights 6 Days :

Hari Pertama (KL – Putra Jaya – Penang)

Hari pertama biasanya diisi dengan perjalanan yang panjang (tergantung asal daerah kamu juga ya). Pengalaman tim wefiee sebelumnya, merencanakan perjalanan dengan meeting point langsung di KL (asal penerbangan dari Pontianak dan Jakarta). Dikarenakan tujuan hari pertama mau ke Penang, saat sudah tiba di Bandara KLIA2, masih ada jeda sekitar 6-7 jam sebelum penerbangan ke Penang. Enaknya ngapain ya? Yups, sobat wee boleh sekalian memanfaatkan waktu jeda ini untuk menikmati Ibu Kota Pemerintahan yaitu Putra Jaya. Cukup dengan naik KLIA Express, hanya dengan waktu 20 menit sudah bisa menikmati suasana di Putra Jaya. Apa aja ya? Let’s see the picturesPutra Jaya

Di Putra Jaya kamu bisa menghabiskan waktu untuk menikmati betapa teraturnya Ibu Kota. Tatanan gedung pemerintahan yang rapi, waterfront yang terdiri dari bazar makanan, Masjid Putra dan Masjid Besi.

Setelah istirahat sejenak di Putra Jaya, perjalanan dilanjutkan untuk kembali ke KLIA Airport. Perjalanan ke Penang ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Karena perjalanan dilakukan pada malam hari, saat tiba di Penang Airport, perjalanan dilanjutkan dengan uber taxi dan langsung ke penginapan (Heliconia Hotel di daerah George Town). Hari pertama selesai dengan pengalaman pertama menginjakkan kaki di Putra Jaya dan menginap di Penang.

Hari Kedua (Penang – KL)

Itinerary Malaysia di hari kedua dilanjutkan di Pulau Penang yang terkenal dengan objek wisata street art-nya. Sebelum menge-explore street art, hal pertama yang di explore yaitu objek yang tidak kalah menariknya yaitu Penang Hill. Dari Penang Hill ini, kamu dapat menikmati Pulau Penang dari ketinggian, dan mencoba menaiki kereta Penang Hill Railway. Ada juga tempat Gembok Cinta ala Namsan Tower lo sob, selain itu juga ada bazar yang menjual souvenir untuk bekal oleh-oleh kamu.

Penang HillSetelah dari Penang Hill perjalanan dilanjutkan kembali ke George Town untuk meng-explore street art yang ada di Pulau Penang. Dari Penang Hill menggunakan bus untuk menuju ke daerah Komtar, setelah sampai di Komtar, dilanjutkan dengan mencari free bus atau biasa disebut dengan Rapid Bus. Jangan lupa mata kamu kudu “tajam” untuk medeteksi dimana ada tanda “free bus shuttle”. Dengan free bus ini kamu sudah bisa menikmati jalan gratis di area Komtar. Tujuan utama setelah menaiki free bus yaitu armenian street yang terkenal dengan street art-nya.

Di armenian street ini, kamu bisa mencari sepeda untuk disewa yang harganya berkisar antara 6-8 RM untuk 12 jam. Dan ditempat penyewaan ini, biasanya kita dibekali dengan peta street art, sehingga kamu ga perlu bingung lagi menentukan arah perjalanan dan jalan pulang. Jangan lupa perbekalan ketika ingin menikmati perjalanan dengan sepeda yaitu topi, masker dan air minum. Karena Pulau Penang ini dekat dengan pantai, maka cuacanya cukup panas ya sob.

Street art penangDan banyak street art lainnya yang menarik. Setelah menikmati street art, perjalanan kami lanjutkan menuju daerah pantai dengan mengayuh sepeda.

Area Pesisir PenangPerjalanan pun diakhiri dengan mengelilingi area pantai dan dilanjutkan untuk kembali ke Ibu Kota (Kuala Lumpur). Kalau kamu punya waktu lebih untuk menikmati Pulau Penang, ada baiknya pada malam hari di weekend kamu bisa mengunjungi gurney drive (tempat kuliner enak di Penang)  dan pergi ke Batu Feringgi. Selain itu ada opsi lainnya yaitu melanjutkan perjalanan ke Langkawi, karena jaraknya yang tidak begitu jauh. Dan untuk Tim Wefiee, melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur dan sampai di Kuala Lumpur pada malam hari (menginap di Westree Hotel).

Hari Ketiga (KL)

Itinerary Malaysia selanjutnya yaitu meng-explore ibu kota. Sebelumnya Wefiee mau ngasi rekomendasi pemilihan hotel ni. Kalau bisa, pilih di daerah KL Sentral karena ini adalah pusat dari transportasi (MRT, LRT, RapidKL,Monorel dsb) sehingga memudahkan kamu untuk mencari transport umum. Hotel yang terletak di KL Sentral dengan budget yang terjangkau dan tentunya harus cozy di antaranya : Westree Hotel, My Hotel, MM Hotel, Metro Hotel dan Easy Hotel. Tips lainnya yaitu pemilihan transport umum selain menggunakan MRT/LRT/RapidKL/Monorel kamu juga bisa memanfaatkan free bus atau biasa disebut Go KL dengan rute wisata yang bisa dikunjungi.

Go KL Free BUS
Go KL Free BUS

Tujuan pertama yaitu menikmati KL dengan menggunakan Go KL (free bus) diantaranya yaitu Muzium Negara KL, Masjid Negara, Dataran Merdeka, KLCC hingga Bukit Bintang.

KLCC AlorWaktu seharian itu bisa kamu gunakan untuk meng-explore Kuala Lumpur hingga Bukit Bintang. Pulangnya kamu ga perlu bingung, cukup dengan naik monorail dari Bukit Bintang ke KL Sentral, kamu sudah bisa sampai di hotel tempat menginap.

Hari Keempat (KL – Melaka)

Hari keempat kami menyempatkan untuk mengunjungi wisata “Batu Cave”. Dari KL Sentral kamu cukup naik 1x MRT untuk sampai ke tujuan.

Batu caveSetelah menginjakkan kaki sebentar di Batu Cave, perjalanan dilanjutkan dengan tujuan Melaka (via bus). Bus untuk tujuan Melaka bisa kamu akses di TBS (Terminal Bersepadu Selatan). Perjalanan ke Melaka ditempuh kurang lebih 2,5 jam. Setelah tiba di Melaka Sentral, kami melanjutkan perjalanan ke daerah Jonker Street. Rekomendasi Wefiee untuk penginapan, bisa Sobat Wefiee cari di daerah Jonker Street karena ini adalah area wisata di Melaka.

Setibanya di Melaka pada sore hari, Wefiee sarankan untuk mencari penyewaan sepeda untuk 24 jam dengan biaya kira-kira 8-10 RM. Melaka merupakan kota tua yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai World Heritage. Sehingga nuansa kotanya sangat klasik dan enak untuk dinikmati pada sore hari.

MelakaMelaka pada malam hari juga memiliki nuansa yang indah yaitu area Melaca River dan Jonker Street. Disini kamu bisa menikmati keindahan kota tua dan mencari kuliner maupun souvenir di Jonker Street.

Hari Kelima (Melaka – KL)

Itinerary Malaysia untuk hari kelima, di pagi hari masih melanjutkan perjalanan di Melaka. Kamu masih bisa melanjutkan perjalanan dengan sepeda menuju Mesjid Terapung Selat Melaka. Perjalanan kamu bisa sekaligus olahraga lo sob, karena jaraknya lumayan jauh. Tapi Melaka pada pagi hari masih sangat bersahabat, sehingga suhunya cocok untuk kamu menikmati pagi yang segar. Diperjalanan menuju masjid, kamu bisa menikmati pemandangan mudflat disepanjang jalan area pantai.

Mesjid Terapung MalakaSiang harinya, perjalanan dilanjutkan untuk kembali lagi ke Kuala Lumpur. Dan malam terakhir di Kuala Lumpur, Wefiee kembali menikmati suasana di Bukit Bintang dan menghabiskan waktu disana untuk mencari Souvenir. Untuk area kuliner di Bukit Bintang, Sobat Wee bisa meng-explore di Alor Street sedangkan untuk mencari Souvenir Sobat Wee bisa meng-explore di Sungai Wang.

Itinerary Malaysia

Hari Keenam (KL – Jakarta/Pontianak)
Akhirnya, itinerary Malaysia kita udah selesai ni Sob. Saatnya kembali ke habitat masing-masing yaaa. Dari KL Sentral menuju KLIA, kamu bisa menggunakan Sky Bus (di terminal KL Sentral) yang pemberangkatannya rutin setiap satu jam. Kamu tinggal menyesuaikan dengan jam penerbangan kamu Sob. Finally flight back to Jakarta/Pontianak. See u again in another itinerary guys. Moga manfaat Sob! (itinerary Malaysia detail bisa kamu dapat disini!)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.