Kamu para pencinta travelling dengan low budget, kamu pengen dong pengeluaran kamu untuk tiket pesawat ga membengkak. Salah satunya ya dengan menghemat uang untuk pembelian bagasi tambahan. Karena terkadang tiket murah itu bukan sembarang mata murah lo, tetapi banyak tambahannya yang kadang akhirnya bikin tiket pesawat yang katanya “promo” berubah menjadi “premium”. Nah biar kamu ga kelebihan bagasi, yang akhirnya bikin kena tambahan, wefiee kasi tips backpacker agar bagasi kamu bisa masuk kabin pesawat :

  1. Pilih Ransel Atau Koper?
Koper Vs Ransel
Koper Vs Ransel via pixabay.com

Ga masalah kamu mau bawa koper atau ransel, karena koper ataupun ransel ini tergantung dari tipe perjalanan kamu, apakah kamu akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya (lebih cocok ransel ni) atau menetap (ga ribetnya pakai koper). Pada dasarnya sebagian besar awak maskapai menilai dari kasat mata, apakah bagasi kamu perlu ditimbang atau tidak. Oleh karena itu packaging sangat penting agar bagasi yang kamu bawa ga terlihat “over weight”. Tips backpacker yang terpenting saat memilih ransel atau koper, pilihlah ransel ukuran antara 35 liter – 45 Liter dan ukuran koper yang biasanya diperbolehkan masuk kabun berkisar 18 – 20 inci, terkait berat maksimal tidak begitu berpengaruh ketika kamu “lolos” dari ukuran secara kasat mata (pada umumnya maksimal berat bagasi 7kg).  Dan ketika kamu membawa 2 tas, menurut pengalaman wefiee yang ditimbang hanya bagasi yang paling besar saja.

  1. List Barang Pribadi
Perlengkapan pribadi via pexels.com

Tips backpacker berikutnya yaitu siapkan list barang pribadi. Berikut list yang harus kamu perhatikan diantaranya, administrasi (tiket, passport, dompet dsb), outfit (dari atas sampai bawah dan luar sampai dalam), peralatan mandi, peralatan sholat, perlengkapan gadget, dan obat-obatan. List yang umum ini tinggal kamu breakdown sesuai dengan destinasi kamu, lama hari kamu berpergian dan tentunya selera kamu sob.

  1. Tentukan Outfit
Tema outfit kamu saat berpergian via pexels.com

Kenapa outfit begitu penting?… yap, bagi traveller kaum hawa, ini begitu penting. Karena barang inilah yang menjadi penyebab kenapa bagasi kamu bisa jadi “overweight”. Dari awal kamu sudah harus punya rencana, outfit yang bakalan kamu gunain setiap harinya. Tips untuk outfit kamu, tentunya bisa dihemat dengan opsi membawa celana/rok yang berwarna gelap yang bisa kamu mix and match dengan atasan yang lainnya. Nah bagi yang nginap di hotel yang sama, kamu bisa ngakalin dengan nyucikan? dengan membawa bahan outfit yang mudah kering tentunya. Namanya juga backpacker, disesuain dong style-nya dengan namanya.

  1. Mengemas Pritilan
list perlengkapan kecil via pexels.com

Barang yang namanya pritilan terutama buat traveller cewek lagi ni, kecil tetapi banyak akhirnya menuhin saku-saku koper maupun ransel kamu dan akhirnya membuat “benjolan” dimana-mana. Tips pertama, tentukan item apa yang kamu sebut pritilan (misal : shower tools, make up, underwear, electronics dan obat-obatan). Tips kedua, satukan semua pritilan kedalam wadah yang sesuai dengan kriteria (untuk cairan atau liquid maksimal ditempatkan di botol dengan ukuran 100 ml). Tips ketiga kamu packing dengan cara ditempatkan didalam wadah tas khusus pritilan). Dan tentunya prinsip utama dari packing yaitu barang yang lebih berat ditempatkan dibagian bawah dan yang ringan diatas.

  1. Tips Backpacker Jitu yaitu Bawa “Kantong Doraemon”
tips backpacker
Tas serba muat via pexels.com

Kantong doraemon atau tas “tentengan” ini, sangat membantu ketika akhirnya kamu diminta untuk mengurangi barang di bagasi utama kamu. Cukup bawa jenis tas yang simpel, tetapi memiliki ukuran gede seperti kantong kresek. Jadi pritilan-pritilan yang bikin bagasi kamu terlihat overweight, bisa kamu transfer ke “kantong doraemon” ini.

Nah sobat wefiee, dari 5 tips tadi semoga bisa jadi bahan referensi kamu untuk mengemas dan “mengakali” agar bagasi kamu bisa untuk masuk kabin pesawat. Agar kamu bisa ngerasain tuh gimana perjalanan yang benar-benar hemat dan memanfaatkan fasilitas yang ada. Semoga kamu menjadi backpacker sejati ya sob!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.