Sobat Wee pasti ada nih yang Gamis Lovers, terutama kamu yang pengen tetap tampil trendy dan syar’i di setiap moment. Nah, bagi yang suka belanja gamis, selain model, salah satu pertimbangan saat memilih adalah jenis bahan yang digunakan. Ada yang perlu gamis bahan adem alias ga panas, ada juga yang butuh bahan elegan untuk acara formal, dan ada pula yang butuh gamis bahan gemerlap untuk keperluan pesta. Berikut Wefiee dapat bahan review dari sobat Wee yang jadi saudagar gamis. So kenali bahan-bahan berikut ini, biar gamis yang kamu beli selain cocok dimata juga cocok di kulit kamu. Berikut ringkasannya :

https://www.instagram.com/unique_hijabgallery/?hl=en

1Woolpeach

Dikenal dengan wolfis, bahan ini termasuk kain tebal tetapi ringan, tekstur halus dan tipis. Tetapi dan tidak tembus pandang sehingga untuk pembuatan tidak memerlukan furing. Bahan ini paling familiar untuk gamis sehari-hari, tetapi agak sedikit panas untuk dipakai beraktivitas aktif di ruang terbuka.

2Wollycrepe

Sekilas pandang mirip dengan wolfis tetapi jika dipegang bahannya berserat seperti berpasir atau kulit jeruk. Bahan ini sedikit panas tetapi ringan untuk dipakai dan tidak nyiplak ditubuh. Selain itu wollycrepe hampir sama dengan woolpeach, jenis bahan yang tidak transparan.

3Balotelly

Memiliki karakteristik tekstur kotak-kotak kecil sehingga terlihat seperti garis-garis. Bahannya agak mengkilat, empuk, ringan dan tidak menerawang. Tetapi bahan ini agak sedikit kaku dan tidak jatuh. Balotelly ini banyak diproduksi untuk gamis sehari-hari.

4Hermes

Bahannya mirip baloteli tapi lebih lemas. Selain itu bahan hermes ini tebal tetapi lembut untuk dipakai. Dan jenis bahan ini tidak tembus pandang, biasa digunakan untuk bahan jilbab, gamis maupun rok.

5Yoris

Atau dikenal dengan bahan torino, bahan jenis ini tebal dan panas untuk dipakai. Memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan wolfis. Tetapi ada jenis kain yoris dan torino grade a yang memiliki karakteristik kain yang adem, halus dan tidak kaku. Tetapi harganya pasti jauh berbeda dengan kain yoris yang biasa.

6Jaguard

Atau disebut Jaquard, karakteristik dari bahan ini adalah berkilau dan ringan tetapi  jenis bahannya panas. Selain itu bahan jagurad ini ada jenis Jaguard Flocking mempunyai motif dari model geometris sampai dengan motif berbunga. Jenis kain ini cocoknya di pakai untuk acara resmi maupun pesta dan lebih adem dibanding Jaguard full.

7Ceruty Ultimate

Merupakan jenis bahan yang berkualitas tinggi atau premium. Bahannya ringan dan jatuh dan enak dipakai. Sama seperti wollycrepe, jenis bahan ini berserat tetapi lebih halus teksturnya seperti bintik-bintik kecil. Termasuk jenis bahan yang adem sehingga dingin untuk kulit.

8D&G

Bahan yang satu ini lagi ngetrend lo sobat wee. Bahannya halus banget dan adem buat dipakai. Selain itu bahannya jatuh tetapi tidak nyiplak di badan. Kainnya termasuk berkualitas tinggi dan tidak terlalu tebal maupun tipis.

9Linen

Merupakan kain serat memiliki karakteristik teksturnya yang sangat halus dan berkilau. Bahannya tebal tetapi sangat sejuk digunakan di daerah yang panas.  Kain ini tidak elastis sehingga tidak melar jika digunakan.

10Miss Gold

Bahan baru yang ini lagi trend juga. Tekstur mirip Hermes tapi lebih tebal lagi dibangingkan hermes. Walaupun tebal bahan ini halus dan adem untuk dipakai.

11MTA

Jenis bahan ini di import dari daerah timur tengah. Jenis bahannya tebal dan agak bertekstur tetapi ringan untuk dipakai sehingga cocok untuk dibuat gamis.

12Jetblack

Merupakan jenis kain yang berwarna hitam tetapi lebih pekat dan seratnya pekat. Kain ini tampak lebih “premium” dibandingkan dengan kain hitam lainnya. Walaupun hitam kain ini adem atau dingin untuk digunakan dan tidak mudah kusut, sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka warna hitam.

13Fursan

Bahan ini hampir sama dengan Jetblack, tetapi hitamnya lebih pekat dibandingkan jetblack. Karakteristiknya merupakan kain yang licin, halus dan lembut. Punya gamis bahan ini cocoknya buat gamis khas Saudi dan bahannya adem.

14Lexus

Cukup populer dan termasuk jenis bahan premium yang halus dan jatuh ketika dipakai. Karakteristiknya mirip sama fursan yaitu jenis bahan yang lembut sehingga cocok dibikin abaya. Bahan ini jatuh saat dikenakan sehingga tidak kaku, cocok untuk bahan gamis model rok A.

15Bahan Rayon Premium

Bahannya cocok buat gamis daily di rumah sebagai pengganti daster. Bahannya adem bisa juga dipakai sehari-hari diluar rumah cocok buat ibu hamil dan menyusui paling penting bahannya gak nyiplak.

So, itu tadi ringkasan singkat tentang karakteristik bahan yang biasa digunakan untuk gamis. Dan jelas itu sebenarnya jenis bahan yang OK punya semua. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan kegiatan kamu sehari-hari. Jadi bahan gamis seperti apa nih yang pengen kamu beli?

Narasumber : Unik Tiara Karlita (Owner : IG unique_hijabgallery)

 

 

4 COMMENTS

  1. wah,ngepas banget nih..! baru aja ngobrol ma sohib nggosipin bahan kain yg nyaman bt dibikin rok-celana. Bisa jd masukan. grazie!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.