Hei Sobat wee, buat kamu-kamu yang kakinya ga bisa nyantai aja di rumah, pastinya pengen menikmati sesuatu yang baru selain lingkungan sekitar komplek kan?. Tapi pastinya yang cocok dengan budget di dompet. Kamu suka jalan-jalan bukan berarti kamu tipe hedonisme sejati atau hidup dengan bertaburan uang. Tapi dengan budget yang ga begitu membengkak, kamu bisa merencanakan perjalanan kamu yang efisien dan efektif. Berikut tips yang bisa kamu ikuti agar bisa menikmati travelling yang “Low Budget” :

11. Pastikan dulu budget yang kamu punya itu berapa?.

https://www.pexels.com

Karena budget ini berpengaruh dalam menentukan destinasi yang diinginkan. Misal kamu ingin melakukan perjalanan explore alam di daerah pedalaman yang masih natural, atau menikmati wisata alam indonesia yang tidak kalah menarik, bahkan explore luar negeri?. Ini disesuaikan dengan tipe kepribadian kamu lebih cocok yang mana ya kira-kira?.

22. Koleksi tanggal merah di meja belajar atau meja kerjamu.

Perjalanan dengan low budget, memang sering berhasil ketika direncanakan jauh-jauh hari. Buat kamu yang masih kuliah atau kerja, pasti ingin liburan dengan meminimalisir jatah presensi maupun jatah cutikan? Oleh karena itu tanggal merah sangat berarti buat kamu untuk merencakan perjalanan tanpa mengurangi jatah presensi kamu.

33. Manfaatkan Info promo maskapai maupun hotel.

Bagi kamu pencinta promo pasti akrab dengan aplikasi atau web airasia yang menyediakan tiket promo ke destinasi tertentu (yang paling sering Asia Tenggara). Pastinya kamu juga memiliki aplikasi pemesanan tiket lebih dari satu (traveloka, airyrooms, pegi-pegi, reservasi, tiket.com, agoda dan lainnya). Promo tiket pesawat ini tergantung destinasi, bagi yang ingin berpergian ke luar negeri, promo biasa diadakan kurun waktu 1 tahun atau 3 bulan sebelum keberangkatan, sedangkan untuk dalam negeri harga cenderung turun ketika mendekati hari H (red : bukan hari libur nasional). Termasuk promo tiket hotel, lebih baik dicek setiap hari rabu-kamis di aplikasi dan biasa diberikan promo sekitar 10-30%.

44. Buat itinerary sedetail mungkin.

Itinerary sangat membantu kamu untuk menghitung budget transport dan konsumsi saat berpergian. Sehingga kemungkinan kamu untuk over budget bisa dihindari. Cukup googling destinasi dan jumlah hari berpergian, sudah banyak blogger yang menulis pengalaman perjalanan mereka sehingga cari yang terupdate untuk jadi referensi kamu.

55. Ajak teman sehati dan sejiwa 

Travelling pasti tujuannya buat happy kan sob… so ajak teman kamu yang sehati dan sejiwa dalam hal apapun ya. Yang ga rempong masalah patungan uang, ga rempong masalah makan, ga rempong masalah jalan dan ga rempong masalah mood juga ^^.

Yup, itu 5 tips yang bisa bikin perencanaan travelling kamu dengan menekan budget serendah-rendahnya untuk mendapatkan kepuasan sepuas-puasnya. Agar kamu ga begitu kaget dalam mengumpulkan dana, lebih baik dibuat timeline misal H-3 bulan tiket pesawat sudah ditangan, H-2 bulan tiket hotel sudah ditangan, dan H-1 bulan uang transport dan makan sudah ditangan. Bagaimana sobat wee? Sudah menyiapkan liburan kemana aja tahun ini?.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.